Saat saya mencari ide postingan, tidak sengaja
saya membaca link di mbah google mengenai tipe-tipe posting yang menarik. Postingan itu langsung membuat saya berkeinginan untuk membaginya kepada yang lain dengan cara mempostingnya di blog saya juga. Mungkin suatu hari saya juga akan membuat posting
yang dibaca semua orang. Tentunya setelah saya menguasai materi dari posting
ini. Isinya seperti ini;
“Dalam menghadirkan posting yang bermutu dalam blog; Anda
perlu banyak variasi agar pengunjung tetap blog Anda tidak cepat bosan jika
harus kembali lagi ke blog Anda. Hal ini dimaksudkan untuk menambah daya tarik
blog Anda. Selain itu, dengan cara ini brand blog Anda juga bisa menjadi
semakin kuat. Maka dari itu, saya mencoba membagi-bagi tipe-tipe posting yang
bisa menarik minat baca pengunjung. Simak selengkapnya dalam posting ini.
17 Tipe Posting Menarik
1. Tutorial
; Postingan jenis ini menjelaskan cara seseorang melakukan sesuatu
secara step by step Postingan ini bisa dianggap sebagai tipe yang paling banyak
dicari oleh pengunjung. Contoh kecil adalah saat Anda ingin memodifikasi blog,
maka Anda pasti akan membuat artikel-artikel tutorial mengenai modifikasi blog.
2. Informasi ;
Postingan jenis ini menjelaskan suatu hal agar pengunjung yang sebelumnya tak
paham tentang istilah tersebut bisa mengerti. Misalkan membahas tentang SEO,
maka akan dijelaskan SEO itu apa, siapa yang memulainya, dst. Postingan jenis
ini termasuk banyak yang mencari, terutama para pemula di suatu bidang.
3. Definisi
; Kalau yang ini tentang definisi suatu istilah. Anda menyampaikan
definisi suatu istilah agar yang membacanya bisa mengerti. Bedanya dengan tipe
posting informasi, postingan definisi biasanya lebih pendek. Sebab hanya
menyampaikan definisinya saja. Yang penting pembacanya paham arti suatu
istilah.
4. Review
; Artikel jenis ini mereview atau membahas tentang sesuatu. Biasanya berupa
produk atau jasa. Artikel jenis ini cukup digemari. Karena biasanya dijadikan
pegangan sebelum seseorang berniat membeli sesuatu. Review yang disampaikan
mengulas tuntas produk/jasa tersebut. Ditambahkan dengan opini tentang plus
minus-nya. Selain produk atau jasa, bisa juga membahas mengenai sebuah situs
web atau blog. Intinya mengulas tentang sesuatu dan menyampaikan penilaian Anda
tersebut terhadap pembaca.
5. Daftar
; Artikel berupa daftar ini sangat digemari pembaca. Sebab sangat mudah
untuk dipahami karena sudah disusun dalam daftar (list). Ciri artikel ini
biasanya menuliskan angka dalam judulnya. Seperti contohnya artikel berjudul
“17 Tipe Posting Blog yang Menarik
6. Penelitian ;
Artikel jenis ini memaparkan hasil penelitian atau riset yang Anda lakukan.
Misalnya Anda meneliti teknik promosi yang paling banyak dipakai, hasilnya Anda
sampaikan dalam bentuk postingan. Postingan jenis ini memang butuh waktu lama.
Sebab harus didahului dengan riset. Namun meski begitu nantinya akan banyak
dijadikan rujukan. Sehingga pastinya back link mengalir ke posting ini. Posting
jenis ini biasa dilengkapi dengan tabel atau grafik hasil penelitian.
7. Download ;
Postingan jenis ini biasanya sangat singkat. Yang penting terdapat link untuk mendownload
sesuatu. Bisa berupa ebook, software, musik, atau film. Postingan ini sangat
disukai pembaca. Karena banyak pengunjung yang suka mendownload. Anda pun bisa
membuatnya dengan mudah. Seperti membuat tulisan yang panjangnya 10-15 halaman
dan diformat dalam bentuk ebook.
8. Wawancara ; Postingan jenis ini disusun dalam format
tanya-jawab. Anda sebagai pemilik blog bisa mewawancarai pakar yang terkait
dengan tema blog Anda. Misalnya, kalau tema blog Anda tentang blogging, Anda
bisa wawancarai blogger terkenal. Kalau tema blog Anda tentang ekonomi, mungkin
Anda bisa mewawancarai ahli ekonomi. Artikel jenis ini juga sangat disukai
pembaca. Karena memudahkan pembaca menyimak. Pertanyaan dan jawaban tersaji
langsung sehingga pembaca seperti ikut mendengarkan langsung saat Anda
mewawancarainya. Selain itu, banyak orang yang tertarik untuk tahu pAndangan,
pendapat, atau opini dari pakar tersebut
9. Perbandingan; Postingan jenis ini membandingkan dua hal.
Bisa berupa dua produk atau layanan yang levelnya sama. Keduanya dibandingkan
lebih baik yang mana pada beberapa sisi. Keuntungan bagi pembaca blog Anda,
bisa langsung tahu kelebihan dan kekurangan suatu produk/jasa. Karena itu
posting ini termasuk yang paling dicari. Contohnya seperti artikel “Pilih Mana,
Blogger atau Wordpress?”
10. Studi kasus ; Artikel jenis ini menyajikan suatu studi
kasus. Misalnya tentang suatu blog yang terjual Rp 100 juta. Pasti banyak orang
yang tertarik mengetahuinya. Mereka ingin tahu bagaimana ceritanya sampai blog
tersebut bisa terjual segitu. Lika-liku suatu kasus sangat dinantikan banyak
orang.
11. Profil
; Posting ini menjelaskan profil seseorang yang biasanya sudah terkenal.
Dalam postingan tersebut dijelaskan lengkap mulai dari biodata sampai
kesuksesan yang diraihnya sekarang. Artikel jenis ini banyak dicari karena
menumbuhkan motivasi dan inspirasi.
12. Motivasi ;
Artikel jenis ini bertujuan memotivasi orang. Seperti mengajak orang untuk
bangkit dan optimis dalam hidup. Intinya, mengobarkan semangat dan optimisme
agar tak pernah menyerah. Artikel jenis ini sangat dinanti dan membuat
pembacanya serasa mendapat suntikan semangat baru setelah membacanya.
13. Postingan berisi link ke blog lain ; Saat ini, postingan
jenis ini sangat mudah ditemukan di banyak blog. Intinya, terdapat link yang
mengarah ke blog lain. Tujuan dari link tersebut untuk memberikan informasi
yang lebih lengkap tentang suatu hal. Dengan link tersebut, pengunjung sangat
terbantu karena mendapatkan penjelasan yang lebih komplet. Bagi pemilik blog
sendiri, memberi link bisa menguatkan hubungan dengan blogger lain.
14. Komentar
;Artikel jenis ini berisi komentar dari suatu hal. Biasanya sebelumnya,
Anda dahului dengan sebuah permintaan berkomentar kepada pengunjung tentang
suatu hal. Kemudian komentar dari para pengunjung itu Anda kumpulkan dan pilih
dalam posting khusus. Tak lupa Anda memberi tanggapan terhadap masing-masing
komentar. Postingan jenis ini bisa menguatkan hubungan dengan para pengunjung
blog Anda.
15. Kilas balik ;
Artikel jenis ini menyampaikan kilas balik perjalanan suatu hal. Bisa berupa
blog, website, atau yang lainnya. Dalam posting ini diceritakan. secara
gamblang segala hal yang terjadi. Umumnya posting ini dilakukan pada menjelang
akhir tahun sebagai cerminan atas pencapaian yang diraih.
16. Prediksi
;Nah kalau yang ini kebalikannya. Berisi prediksi atau perkiraan suatu
hal. Misalnya tentang prediksi bisnis internet tahun 2009. Anda bisa analisis
yang telah terjadi dan kemudian memprediksi yang akan terjadi berikutnya.
Biasanya postingan ini dilakukan pada akhir tahun. Sedang untuk prediksi
produk, biasanya dituliskan sebelum atau beberapa saat setelah peluncuran
produk. Postingan prediksi sangat menarik dan kerap memancing perdebatan
hangat.
Tentunya jika anda ingin menampilkan postingan ini atau disebut mengcopy postingan ini, ada baiknya anda mencantumkan link dari blog atau website postingan itu berada, tidak untuk postingan ini saja, untuk semua postingan berlaku, jika tidak anda adalah plagiator.
postingan ini dikutip dari http://jurnalwarnawarni.blogspot.com
terimakasih ..........
0 komentar:
Posting Komentar
comment